Saat Mengirim Paket, Hindari 7 Kesalahan Ini Ya Sobat

Hai sobat. Mengirim paket merupakan tahap penting dalam bisnis onlinemu. Nah untuk memastikan proses pengiriman paketmu berjalan lancar dan tanpa masalah, kamu perlu menghindari kesalahan-kesalahan umum yang sering terjadi. Simak penjelasan Mas TIKI agar kesalahan-kesalahan ini kamu bisa perbaiki di dalam proses pengiriman paketmu.

1. Tidak Cek Kondisi Barang sebelum Pengiriman

Sebelum mengirim barang, cek kondisi barang secara seksama ya sobat.Pastikan tidak ada kerusakan. Jika ada kerusakan, perbaiki dulu dan jangan lupa komunikasikan hal ini kepada pelangganmu.

2. Mengabaikan Packing yang Tepat

Penting banget untuk memastikan paket kamu terbungkus dengan rapi dan aman sebelum dikirim. Bayangkan kalau kirim paket tapi barangnya rusak saat sampai. Pasti kamu mendapatkan komplain dari pelanggan. Jadi, sesuaikan packing kamu dengan jenis barang yang akan dikirim ya sobat!

3. Menyediakan Informasi Alamat yang Salah

Sobat, pastikan selalu untuk mengecek alamat dengan teliti sebelum kirim paket. Mengirim paket ke alamat yang salah bisa bikin repot kamu dan pelangganmu, serta menambah biaya pengiriman.

4. Salah Menentukan Kurir

Salah satu tenaga kerja paling penting saat kirim paket adalah kurir. Kurirlah yang membawa barang untuk dikirimkan oleh orang lain untukmu. Untuk itu pilih TIKI, jasa kurir yang terpercaya selama 53 tahun dalam industri kurir, supaya paketmu tiba dengan selamat sampai ke tangan pelangganmu.

5. Tidak Mengoptimalkan Biaya Pengiriman

Jangan lupa untuk memikirkan biaya pengiriman dengan bijak. TIKI memiliki banyak opsi pengiriman yang tersedia. Kamu bisa memilih berbagai produk seperti ONS (Over Night Services), SDS (Same Day Services) untuk pengiriman sehari sampai; REG (Reguler Services) dan ECO (Economy Services) untuk pengiriman yang hemat ongkir; serta TRC (Trucking Services) untuk pengiriman barang dengan berat minimal 10 kg, dan INT (International Services) untuk mengirimkan paket ke luar negeri. 

6. Menyimpan Bukti Pengiriman dengan Sembarangan

Setiap pengiriman di TIKI selalu mendapatkan resi pengiriman. Selalu simpan bukti pengiriman dengan rapi ya sobat. Jangan sampai hilang resi pengiriman ini. 

5. Tidak Memantau dan Memberikan Informasi Pengiriman Secara Jelas

Pantau pengiriman secara teratur dan memberikan informasi yang jelas kepada pelanggan. Mereka ingin tahu di mana barangnya berada dan kapan akan tiba. Kamu bisa memberitahukan pelangganmu untuk memantau di website resmi TIKI atau di aplikasi TIKI. TIKI memiliki fitur tracking real time yang bisa pelanggan kamu lakukan untuk cek resi.

6. Mengesampingkan Asuransi Pengiriman

Jangan mengesampingkan asuransi pengiriman sobat. Meskipun kamu berharap enggak ada yang salah, kecelakaan bisa terjadi. Jika merasa paket yang dikirim atau diterima hilang, kamu bisa klaim asuransi. TIKI menerima asuransi apabila barang yang diterima dalam keadaan rusak. Namun pastikan kamu benar melampirkan bukti kerusakan. Jadi, pastikan barangmu terlindungi dengan asuransi dari TIKI dengan baik selama perjalanan. 

7. Membiarkan Keterlambatan Pengiriman

Keterlambatan paket bisa bikin kamu mumet. Jadi pantau terus paketmu selalu tepat waktu. Jika paketmu tidak sesuai jadwal, kamu bisa menanyakan ke CS TIKI ya sobat. 

Nah itu dia kesalahan-kesalahan yang wajib kamu hindari saat mengirimkan paket ya sobat. Dengan menghindari kesalahan-kesalahan ini, kamu bisa meningkatkan omset bisnismu dan meningkatkan efisiensi operasional serta kepercayaan pelangganmu.